Favorite Hero Mobile Legend - Hilda

Mobile Legends

Apa Itu Mobile Legends : Bang Bang

Kalian kalau tidak tahu apa itu Mobile Legends, kalian pasti sedang bercanda kan? Siapa sih yang tidak kenal Mobile Legends. MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) versi Smartphone.

Contoh-contoh game MOBA itu antara lain:
  • DotA (Defense of the Ancient)
  • Starcraft
  • LOL (League of Legends)
  • DOTA2
Namun game MOBA biasa dimainkan di PC. Akhir-akhir ini game jenis MOBA pun masuk ke dunia smartphone antara lain:
  • Mobile Legends: Bang Bang
  • Vainglory
  • AOV (Arena of Valor)
Sebenarnya masih banyak sih game-game serupa yang lain sampai saya juga tidak sanggup untuk list semua game. 

Hero, Minion, Turret.

Minion adalah monster yang akan muncul setiap beberapa waktu untuk menyerang pada jalur (lane) masing-masing. Ada 3 jenis minion yaitu: melee minion, ranged minion, dan catapult.

Turret adalah tower yang menjadi benteng untuk markas. Terdapat 3 Turret di masing-masing jalur dengan HP dan damage yang berbeda. Penjelasan detail akan dijelaskan di blog lain atau dapat dicari di blog-blog orang lain sebab bukan ini yang akan saya jelaskan.

Hero adalah peran yang akan kita mainkan. Hero pun terbagi menjadi beberapa kelas dan kategori.
  • Fighter atau Petarung.
  • Support atau Pendukung.
  • Assasin
  • Marksman atau Pemanah
  • Tank
Seorang Hero bisa memiliki lebih dari 1 kelas. Contohnya: Balmond. Ia adalah kategori Tank sekaligus juga Fighter karena keahlian dia adalah Crowd Control (Mengontrol keramaian) dan darahnya juga cukup besar namun serangan yang dihasilkan tidak kalah jauh jika dibandingkan dengan hero-hero lain bahkan sanggup melakukan kill beruntun.

Hilda

Hilda
Seperti yang dapat kita lihat, Hilda sendiri juga memiliki 2 kelas yaitu Fighter sekaligus Tank. Keunikan Hilda ada pada regenerasi HP namun tetap memiliki Damage yang cukup untuk menghancurkan musuh.


Skill pasif dari Hilda adalah Regenerasi HP Hilda akan bertambah ketika dia berada dalam semak-semak. Memasuki semak-semak akan memberikan dia tameng yang akan bertahan selama 5 detik yang akan menyerap serangan sebesar 10% dari total HP Hilda. Efek tameng hanya dapat diaktifkan setiap 10 detik. Ketika HP Hilda dibawah 30%, Hilda akan  mendapatkan Regenerasi HP yang lebih cepat yang dapat diaktifkan setiap 120 detik.


Skill pasif Hilda inilah yang membuat Hilda menjadi sangat kuat di medan pertempuran karena dia tidak perlu capek-capek untuk kembali ke base untuk mengisi darah.

Skill 1: Combat Ritual
Kecepatan gerak Hilda bertambah 30% untuk 3 detik. Damage Hilda akan bertambah sebesar 200 (+ 100% Total ATK) dan membuat musuh lambat. Musuh yang dibelakang target akan mendapatkan 120 (+ 65% Total ATK).
Cooldown: 10 detik.


Skill 1 ini biasa digunakan Hilda untuk mengejar musuh ataupun lari dari medan pertempuran yang ganas.
Skill 2:Art of Hunting
Mengunci pada 1 musuh untuk dikejar, skill ini dapat dikeluarkan sebanyak 3 kali. Pukulan kedua akan mengenai musuh sekitar. Pukulan ketiga akan mendorong mundur target dan musuh sekitar. Setiap pukulan menghasilkan 120 (+ 90% Total ATK).
Cooldown: 11 detik.

Skill ini dapat memberikan serangan yang sangat kuat baik ke hero musuh maupun minion.

Skill 3:Power of Wilderness
Hilda melompat ke target dan menyerang target dengan sangat kuat. Menghasilkan 700 (+200% Extra ATK) dan memberhentikan musuh sementara. Menghasilkan 60% serangan terhadap musuh sekitar. Setiap kill ataupun assist dari Hilda akan memberikan 40 poin extra yang dapat diakumulasi sebanyak 10 kali. Pada akumulasi terakhir akan menambahkan 80 poin extra serta mengabaikan 40% defense musuh. Cooldown 35 detik.

Skill ketiga ini juga merupakan ultimate dari Hilda.

Skill Build yang saya gunakan biasanya adalah:
Skill 1 - 2 - 2 - 3 - 2 - 1 - 2 - 3 - 2 - 1 - 2 - 3 - 1 - 1 - 1.
Namun skill build ini tidak menjadi sebuah rumus pasti menang atau apapun sebab semua tergantung pada situasi dan kondisi medan perang. Perhatikan juga kombinasi hero musuh untuk mengambil keputusan.

Item Build


Seperti skill build, item build pun tidak ada rumus yang pasti untuk diikuti. Setiap pertandingan memiliki karakteristik yang berbeda. Jujur kata, saya tidak pernah 100% mengikuti item yang sudah saya set sebelumnya. Selalu berbeda pada saat permainan.

Namun berikut penjelasannya saya menggunakan jalur ini untuk Hilda si Fighter Tank.

1. Bloodlust Axe

+70 Serangan Fisik 10% Cooldown Reduction. Unique: 20% Spell Vamp. Item ini memberikan tambahan serangan kepada Hilda sekaligus 10% CR sehingga ketika memakai skill, cooldown akan lebih cepat selesai. Keunikannya adalah 20% Spell Vamp. Spell Vamp artinya lifesteal namun lifesteal hanya aktif jika kita menggunakan spell/skill. Berhubung Hilda memiliki set skill yang cooldownnya terhitung pendek, dan terlebih skill 2 dapat digunakan 3 kali berturut-turut. Item ini dapat memberikan healing sekaligus serangan yang besar.

2. Magic Shoes

10% Cooldown Reduction dan 40 Movement Speed. Mungkin kalian bertanya, Hilda adalah hero fighter dan tank namun mengapa ia menggunakan sepatu magic. Sebab dia dapat melakukan healing dengan Bloodlust Axe hanya jika dia mengeluarkan skill. 10% CR dari Magic Shoes dikombinasikan dengan 10% CR Bloodlust Axe sudah menghasilkan 20% CR. Bayangkan jika Hilda dapat menggunakan skill tanpa henti, darahnya tidak akan habis!

3. Athena's Shield

+900 HP, +56 Magic Res, +20 HP Regen. Unique: Tameng sebesar 1150 damage setiap 30 detik. Tameng milik Athena ini dapat membantu kemampuan tank Hilda dan jika dikombinasikan dengan skill pasif Hilda yang mendapatkan tameng 10% dari HP maksimal, akan menghasilkan tameng yang sangat besar terutama di early game untuk melakukan ganking dan push.

4. Cursed Helmet

+920 HP, +50 Magic Res. Unique: Memberikan 1.5% dari HP sebagai serangan magic kepada musuh sekitar dan 50% lebih untuk minion. Seperti sambil menyelam minum air, item ini membuat Hilda semakin badak namun memberikan sedikit damage kepada sekitar. Ingat! ini serangan magic. Artinya armor biasa tidak cukup untuk menangkis serangan ini.

5. Brute Force Breastplate

+770 HP, +45 Armor. Unique: Ketika memukul musuh akan menambah movement sebanyak 2% dan serangan utama sebesar 3%. Efek ini berlangsung selama 4 detik dan dapat diakumulasi sebanyak 4 kali. Ini akan membuat Hilda semakin lincah dan kemampuan memukul semakin sakit sementara menambahkan armor ke Hilda.

6. Heart of Steel

+880 HP,  +30 Armor, +35 HP Regen. Unique: 20% Critical Reduction. Pada late game, musuh terutama Marksman akan membuat item yang akan membuat critical mereka sakit. Item ini untuk melawan hal tersebut.

Namun ada beberapa item yang sering kali saya pakai sebagai alternatif yaitu:

7. Magic Shoes -> Warrior Boots

+22 Armor dan 40% Movement Speed. Saya akan memakai ini jika kombinasi musuh dapat menghasilkan serangan yang besar sehingga saya terpaksa untuk membuat item bertahan diri.

8. Oracle

+850 HP, +36 Magic Res, +35 HP Regen, + 10% Cooldown Reduction. Unique: Dalam jangka waktu 4 detik hero dipukul, akan regenerasi sebesar 8% HP dan memiliki waktu cooldown selama 6 detik. Saya akan menggunakan item ini jika kombinasi musuh lebih banyak menggunakan serangan magic.

9. Blade Armor

+90 Armor. Unique: Mengembalikan serangan 25% kepada si pemukul. Berhubung darah Hilda tebal dan sering menjadi incaran saat war, item ini cocok untuk melumpuhkan musuh berhubung dengan serangan kembali sebesar 25% dan Hilda mampu membuat mereka lambat dalam berjalan kabur.

10. Immortality

+800 HP, +40 Magic Res. Unique: Hidup kembali setelah 2 detik mati dengan darah 15% dari total serta dengan tameng yang dapat menahan maksimal 1000 poin yang bertahan selama 3 detik. Cooldown untuk efek ini selama 180 detik. Terkadang kalau hero lawan kuat dan saya harus menyiapkan item ini agar 2 detik setelah saya mati saya akan lari menuju semak-semak atau base untuk melakukan pengisian darah.

Sekali lagi, ini bukan rumus pasti untuk menang dan bahkan saya pun tidak selalu menggunakan rumus item yang sama. Semua tergantung dengan kondisi dan situasi. Namun untuk pertandingan normal, item-item di atas sudah lebih dari cukup.

Strategi Bermain

Nah, sekarang kita bicara tentang strategi. Dimulai dari menentukan spell dan emblem.

Emblem

Saya biasa melihat teman-teman dalam satu tim menggunakan hero apa terlebih dahulu sebelum menentukan menggunakan emblem. Settingan default saya adalah Physical Emblem.

Saya akan lihat apakah dalam tim sudah ada tank atau fighter namun cukup kuat untuk tahan badan? Jika ada, saya akan memilih Physical Emblem, jika saya satu-satunya pemain tank dalam tim, saya akan pilih Tank Emblem.

Alasannya cukup sederhana. Jika belum ada tank dalam tim, maka otomatis Hilda akan mengambil tanggung jawab untuk menjadi tank sehingga tidak ada lagi alasan kita untuk build fighter. Kecuali musuhnya juga lembek atau tidak kompak. Namun itu tidak bisa kita lihat saat kita pilih hero, betul kan?

Spell

Ada beberapa pilihan yang cocok untuk Hilda menurut saya. Yaitu:
  • Retribution
Retribution dapat membantu Hilda untuk farming lebih cepat. Terlebih lagi jika Hilda membuat Nimble Blade sehingga spell Retribution dapat menyerang hero musuh.
  • Healing Spell
Spell ini memberikan Hilda sedikit HP untuk heal pada saat sangat darurat, misalnya darah tipis dan dikejar oleh musuh. Spell ini juga dapat membantu tim yang darahnya sedang sedikit.
  • Petrify
Spell ini akan memberikan efek stun selama 0.7 detik kepada sekitar. Hilda dapat menggunakan skill 1 atau skill 3 untuk mengejar musuh yang lari kemudian menggunakan petrify agar musuh stun dan kemudian menggunakan skill 2 untuk menghabisi musuh yang stun.
  • Flicker
Spell ini dapat digunakan oleh Hilda untuk mengejar musuh yang tidak dapat dijangkau dengan menggunakan skill 1. Contoh: mengejar Zilong saat dia kabur. Atau bisa mengejar musuh yang tembus tembok seperti Balmond dengan skill 1. Atau juga bisa digunakan untuk kabur dari musuh. Namun spell ini tidak begitu direkomendasi oleh saya karena Hilda pada dasarnya memiliki 2 skill yang bisa mengejar musuh.

Lane

Pemilihan lane sangat menentu arah permainan. Pastinya Hilda tidak mengambil jalur tengah. Mengapa? Pertama, pemain di jalur tengah biasa mengejar level dan mainnya sangat safe alias main aman. Memang bagus untuk Hilda farming, tetapi skill 3 Hilda membutuhkan kill dan assist sehingga Hilda tidak bisa main aman-aman saja. Terlebih jalur tengah sangat pendek sehingga pengejaran hampir tidak mungkin dilakukan.

Saya biasa akan observasi terlebih dahulu. Jika tidak ada hero yang mengambil buff, maka saya akan ambil buff terlebih dahulu kemudian bergabung dengan lane atas untuk melakukan harassing sekaligus farming di hutan musuh.

Namun jika dalam tim ada hero yang lebih membutuhkan buff, contoh saja Alucard, Fanny, dll. Maka saya akan langsung ke lane bawah dan syukur-syukur bisa ganking.

Mengapa ganking di bawah? Karena posisi minion bertempur lebih dekat sedikit dengan turret kita, sehingga jika saat melakukan ganking terjadi kesalahan, maka lebih gampang bagi Hilda untuk kabur. Selain itu, terdapat minion di hutan yang bisa kita manfaatkan saat tidak ada minion dalam lane untuk mendapat uang dan juga darah lebih.

Namun jika Hilda di atas, dia bisa melalui hutan kemudian menghalangi minion musuh sehingga minion tim dapat melakukan push ke tower.

Hilda juga sekali-kali dapat roaming ke tengah dan membantu hero di tengah untuk mendapatkan kill. Tujuannya Hilda hanyalah satu, mendapatkan assist atau kill agar saat late game, skill ke tiga Hilda dapat menghasilkan serangan yang lumayan sakit.

Kombinasi Serangan

Saya biasanya akan sembunyi dalam semak-semak dan menunggu musuh. Saat musuh sudah kira-kira mengeluarkan semua skill, saya akan muncul menyerang dengan skill 2 diiringi beberapa pukulan. Jika darah musuh sudah berkurang cukup banyak, saya akan lanjutkan dengan skill 3 dan pukulan. Jika musuh ingin kabur, saya akan menggunakan skill 1 untuk mengejar target.

Sebagai pemain Hilda, kita perlu juga memperhatikan mini-map. Jika ada teman yang sedang menuju anda dan kira-kira dia memberikan sinyal untuk melakukan ganking, maka segera buka skill 1 menuju musuh. Sekiranya saat musuh terkena skill 1 dan melambat, teman anda sudah tiba di lokasi perperangan dan anda boleh mulai dengan kombinasi skill 2 dan finishing skill 3.

Jika perperangan sudah mulai terlebih dahulu. Anda bisa masuk ke dalam perperangan dengan skill ke 3 agar semua yang ada pada perperangan mengalami slow. Kemudian lock pada 1 target yang vital. Misalkan, marksman musuh, atau tank musuh dimana harus dilihat situasi dan kondisi apakah darah musuh masih banyak atau apakah dia bisa mengcounter serangan yang tim anda berikan. Kemudian anda bisa menentukan apakah anda menggunakan skill 1 untuk mengejar atau untuk kabur dari perperangan.

Perlu ingat bahwa sekalipun Hilda berpotensi untuk menjadi fighter yang sangat tangguh, saat dia mengambil peran menjadi tank, maka jadilah tank yang professional. Seorang tank yang professional bukan dengan tujuan membunuh namun lebih kepada pendukung agar semua orang memukul kamu sementara fighter dan marksman tim anda melakukan serangan ke musuh. Tidak perlu malu untuk menggunakan skill 1 untuk kabur dan memanfaatkan momentum orang yang nafsu mengejar anda karena HP anda sedang rendah untuk membeli waktu kepada marksman tim anda untuk menghabisi lawan. Jadi disini tank berfungsi juga untuk mengalihkan perhatian musuh. Terutama musuh yang setting untuk memukul musuh dengan darah yang paling sedikit.

Sekian pembahasan tentang Hilda di blog ini. Sampai jumpa di blog selanjutnya. 

Comments

Popular posts from this blog

Trip To Japan Part 1

Trip To Japan Part 2