Apa Itu Hari Valentine / Kasih Sayang?


Valentine? Apaan Sih?

Setiap tahun pada tanggal 14 Februari orang-orang pada merayakan hari Valentine. Hari Valentine disebut juga hari kasih sayang. Apa sih sejarahnya valentine?

Festival Lupercalia

Festival ini memiliki sejarah yang panjang. Secara singkat, Festival Lupercalia merupakan sebuah perayaan pada tanggal 15 Februari dimana nama-nama anak gadis muda akan diletakkan dalam sebuah kotak yang kemudian diundi oleh para pria dan kemudian merayakan cinta dan kasih sayang.

Santo Valentine

Berdasarkan hasil riset, Santo Valentine adalah seorang pendeta Roma yang dihukum mati pada tanggal 14 Februari karena melanggar kebijakan kaisar Roma.

Pada saat itu, kaisar Claudius II mengeluarkan kebijakan supaya rakyatnya tidak boleh menikah dikarenakan banyak pasukan yang tidak bersedia untuk berperang dikarenakan tidak ingin meninggalkan istri dan keluarganya. Maka kaisar Claudius II mengeluarkan kebijakan bahwa tidak ada yang boleh menikah pada saat itu. Sungguh kejam bukan?

Santo Valentine dikabarkan secara diam-diam menikahkan banyak pasangan muda dan akhirnya diketahui oleh kaisar sehingga Santo Valentine ditangkap dan dipukul hingga mati.

Pada tahun 496, Paus Gelasius memberhentikan festival Lupercalia (15 Februari) dan menggantikannya menjadi hari Valentine (14 Februari).

Begitulah sejarah singkat dari hari Valentine. Namun bukan itu yang ingin saya bahas pada blog ini.

Valentine Zaman Now

Orang-orang zaman now ini merayakan hari valentine dengan berbagai tren. Ya, anda tidak salah baca. Saya sebut itu sebagai sebuah 'TREN'.

Beberapa aktivitas yang dilakukan orang-orang maupun pasangan zaman now:
  • Candlelight Dinner

Nah, candlelight dinner menurut saya adalah hal yang paling banyak dilakukan oleh pasangan zaman now. Saya tidak tahu apakah di kota-kota lain juga serupa, tapi setidaknya di kota tempat saya tinggal fenomena ini sungguh luar biasa. Bahkan menurut saya menjadi sebuah ajang untuk pamer. Restoran pun memanfaatkan momen ini untuk menaikkan harga setinggi-tingginya dan memamerkan makanan yang semewah-mewahnya. Bahkan saya menemukan paket makan pasangan seharga jutaan. Bayangkan coba makan berdua habiskan jutaan rupiah?
  • Coklat

Berbagai informasi yang bisa kita dapatkan dengan mencari di Google. Ada banyak negara yang menggunakan coklat dalam tradisi Valentine mereka. Menurut penulis, Jepang merupakan salah satu negara yang memiliki pengaruh terhadap coklat pada hari Valentine dimana gadis-gadis Jepang akan membuat / membeli coklat kepada pria idaman mereka pada hari Valentine dan jika pria yang diberi juga menyukai gadis tersebut, ia akan membalas memberikan coklat pada White Valentine Day yaitu 14 Maret.
  • Bunga Mawar
Bunga mawar merah selalu menjadi lambang kasih. Ada yang mengatakan jika 3 tangkai bunga mawar artinya I Love You. Namun jika 9 tangkai artinya Hubungan Langgeng (karena 9 dalam bahasa mandarin homofon dengan lama). 99 artinya sangat lama. 999 artinya sangat lama. Florist pun mengambil kesempatan ini untuk mendapatkan profit sebesar-besarnya.

Komersialiasi

Valentine telah diubah oleh pengusaha menjadi sebuah konsep komersial Menjadi sebuah momen yang dimanfaatkan oleh pengusaha restoran, coklat, bunga, dan lain-lain untuk mendapatkan profit yang sangat mudah dan banyak.

Kita dapat lihat saat malam Valentine ataupun sehari setelahnya bahwa di media sosial beredar banyak sekali foto-foto pasangan sedang makan malam, menerima hadiah valentine, menerima bouquet bunga dari pasangannya.

Jadi Tak Boleh Candlelight, Coklat, Bunga?

Bukan tidak boleh atau boleh. Bukan soal boleh atau tidak. Tapi dalam pemberiannya, apa motivasi kamu? Sah-sah saja jika anda memiliki motivasi yang benar di awalnya.

Apa Point Of View Penulis?

Saya mungkin cerita dulu apa yang saya lakukan pada hari Valentine yah. Sekedar sharing aja kok.

Mungkin kalian-kalian tidak pernah nyangka apa yang saya lakukan pada hari Valentine. Valentine tahun ini bertepatan dengan hari Rabu Abu dimana kita masuk dalam hari pertama Pra-Paska. Jadi saya mengajak pasangan ke gereja untuk menghadiri Ibadah Rabu Abu ini.

Setelah selesai ibadah, kami pergi ke sebuah restoran (eh. Restoran). Ya, tapi restoran cepat saji yang namanya adalah McDonald's. (Loh valentine ke McDonald's?). Ya, kami memang unik. Ke McD pun bangga sampai dipamerkan lagi di blog.


Saya pesan paket McSpicy upsize dan mendapatkan bonus Fanta Float gratis. Sedangkan si pacar memesan paket Panas 1.

Loh, kok ada ya cowok yang tidak romantis kayak saya? Kok hari Valentine malah makan McD?

Hello? Yang tentukan Valentine harus makan mewah siapa? Kalian sendiri kah?

Saya juga share opini saya di Instagram Story saya. Bagi yang ingin follow Instagram saya bisa klik link INI.

Valentine bagi saya adalah hari kasih sayang. Tidak ngerti sejak kapan jadi hari candlelight dinner atau hari bunga mawar atau hari coklat atau hari nembak gebetan dan hari-hari lainnya.
Intinya bukan kemana atau kasih apa. Tetapi apakah kamu sudah mengasihi atau merasa dikasihi? 
Intinya saya mengasihi dia dan dikasihi. Mau makan di hotel ****** atau di tepi jalan. Mau kasih iPhone X atau cuma sekedar coklat biasa Tetap aja merayakan valentine.
Emang yang candlelight dinner di hotel ***** sudah berarti kamu mengasihi sesama? Aatu cuma mengasihi saat hari valentine kemudian besok-besoknya kembali lagi seperti biasanya (you know la).
Atau kamu cuma sedang show off kalau kamu bisa bawa pacar makan ke tempat mahal?
Atau menurutmu kasih itu harus dibuktikan secara material?
Menurut saya, Valentine sudah bergeser makna hingga sekarang menjadi sebuah ajang kompetisi antar pasangan untuk menunjukkan bahwa siapa yang lebih hebat dalam arti makan di tempat yang lebih mewah, mendapatkan hadiah yang mahal dari pasangan, mendapatkan bunga yang banyak dari gebetan, dan lain-lain.

Sedihnya, hal ini merupakan hal yang sangat lazim dilakukan orang-orang zaman now. Namun saya ingin ingatkan kembali kalau apa yang dilakukan oleh mayoritas orang belum bisa jadi suatu parameter kita boleh ikut melakukan.

Bagi yang salah paham, saya tidak mengatakan bahwa tidak boleh makan di hotel ***** atau memberikan kado termahal buat pasangan. Namun, hati setiap orang beda yang tidak dapat siapapun mengerti kondisi dan situasi saat itu. Namun harus pastikan dalam makan di hotel ***** atau memberikan kado valentine hendak disertai dengan motivasi mengasihi. Dan kasih yang diberikan bukan hanya pada saat hari valentine namun setiap saat.

Sebab kembali lagi, yang merayakan valentine adalah kamu dan pasanganmu, bukan saya, bukan restoran, bukan bunga, bukan coklat. Tapi dirimu dan pasanganmu. Kegiatan apapun yang kalian lakukan, baik sudah saya sebut maupun belum, ingatlah bahwa bukan karena kalian makan mewah maka kalian sudah merayakan valentine. Namun begitu juga dengan jika kita tidak makan mewah belum tentu kita tidak merayakan valentine.

Valentine itu adalah hari kasih sayang. Hari dimana kita mengingat kembali akan pentingnya kasih sayang. Hari kita merayakan kalau kita mengasihi orang dan kita juga dikasihi orang - Willy Martin.
Nah, sekian dulu ya dari blog saya. Di tunggu blog selanjutanya.

Trims.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Trip To Japan Part 1

Favorite Hero Mobile Legend - Hilda

Trip To Japan Part 2